KPK Sebar Potret Bupati Mamberamo Tengah yang Jadi Buron

Jakarta (VLF) – KPK tengah memburu Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, yang diduga kabur ke Papua Nugini. Ricky Ham merupakan tersangka dalam dugaan suap dan gratifikasi di sejumlah proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua.

KPK lalu membuat surat daftar pencarian orang (DPO) atas nama Ricky Ham. Dalam dokumen yang diterima detikcom, Selasa (2/8/2022), surat DPO tersebut bernomor R/3892/DIK.01.02/01-23/07/2022.

“Untuk ditangkap dan diserahkan di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jl Kuningan Persada, Kav. 4, Setiabudi, Jakarta Selatan. Telp (021)-25578300,” tulis KPK pada surat DPO.

KPK juga memberikan keterangan soal data pribadi Bupati Mamberamo Tengah. Tertulis, Ricky lahir di Bokondini, 14 Juni 1973. Dia bertempat tinggal di Moga, Kobagma, Kabupaten Mamberamo Tengah.

KPK juga menyampaikan ciri fisik sang buron, di antaranya tinggi kurang-lebih 160 cm. Kemudian memiliki bobot tubuh sekitar 80 kg. Ricky tertulis berperawakan gemuk dengan warna kulit cokelat tua.

KPK juga menyertakan penjelasan soal alasan Bupati Mamberamo Tengah menjadi DPO KPK, yakni karena diduga pelaku tindak pidana korupsi menerima hadiah atau janji. Perkara itu berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa di Pemkab Mamberamo Tengah.

Ricky Ham disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan/atau Pasal 12 B UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 64 ayat (1) KUHP.

Dandim Jayawijaya Diduga Bantu Ricky Kabur

Adapun dalam perkara ini, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, yang merupakan tersangka KPK, saat ini masih menjadi buron. Pelarian Ricky itu diduga dibantu sejumlah pihak, termasuk oknum dari TNI.

Salah seorang sumber menyebutkan bahwa oknum itu adalah Dandim 1702/Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murib. KPK pun telah menyurati Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) berkaitan dengan hal itu.

“Saat ini kami juga telah berkoordinasi dengan Kepala Staf Angkatan Darat TNI untuk bantuan menghadapkan anggotanya terkait permintaan keterangan oleh Tim Penyidik KPK,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di lobi gedung KPK, Senin (1/8/2022).

“Surat juga sudah kami kirimkan ke pihak TNI,” lanjut Ali.

Ali mengatakan koordinasi antara KPK dan TNI itu merupakan bentuk sinergi aparat penegak hukum. Dia berharap, dengan adanya koordinasi itu, kepastian hukum dapat segara tercapai.

“Kami berharap dukungan dan bantuan dari pihak TNI sebagai bentuk sinergi penegak hukum guna percepatan penyelesaian perkara ini sehingga kepastian hukum segera terwujud,” terangnya.

Tak hanya itu, Ali juga menyebut KPK telah bersurat kepada pihak Gubernur Provinsi Papua. Dalam suratnya, KPK meminta Pemprov Papua turut membantu keberadaan Ricky Ham.

“KPK juga telah berkirim surat ke pihak Gubernur Provinsi Papua sebagai bentuk informasi dan koordinasi sehingga pihak Pemprov Papua dapat turut membantu mencari keberadaan Tersangka dimaksud,” ujar Ali.

Selain itu, Ali meyakinkan Gubernur Papua untuk tetap memantau roda pemerintahan di Pemkab Mamberamo Tengah sehingga proses pemerintahan pasca-kaburnya Ricky masih berjalan normal.

Adapun dalam perkara ini, Ricky Ham Pagawak dinyatakan kabur pada saat hendak dijemput paksa oleh penyidik KPK. Dia diduga kabur ke Papua Nugini lewat jalur tikus.

Kemudian, KPK memasukkan Ricky Ham dalam daftar pencarian orang (DPO). Penetapan DPO itu telah resmi sejak 15 Juli lalu.

“Tersangka Ricky Ham Pagawak, Bupati Mamberamo Tengah, periode 2013 sampai dengan 2018 dan 2018 sampai dengan 2023, saat ini telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 15 Juli 2022,” tegas Ali.

Ali memastikan pihaknya bakal terus melakukan upaya pencarian terhadap Ricky. Tak hanya itu, penyidik juga masih terus mencecar pihak-pihak yang diduga mengetahui keberadaan Ricky.

“Tim KPK masih terus melakukan pencarian keberadaan DPO dimaksud, di antaranya melakukan permintaan keterangan terhadap pihak-pihak yang diduga mengetahui keberadaan dari Tersangka,” tutup Ali.

( Sumber : KPK Sebar Potret Bupati Mamberamo Tengah yang Jadi Buron )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *