Hakim Agung Gazalba Jalani Sidang Perdana Kasus Gratifikasi-TPPU Hari Ini

Jakarta (VLF) Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh akan menjalani sidang perdana kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) hari ini. Persidangan akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta.

“Benar, sesuai dengan jadwal penetapan hari sidang yang diterima tim jaksa, hari ini,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (6/4/2024).

Ali mengatakan jaksa KPK akan membacakan dakwaan terhadap Gazalba terkait dugaan gratifikasi dan TPPU tersebut. Ali mengatakan jaksa akan menguraikan secara detail dakwaan terhadap Gazalba dalam sidang.

“Tim jaksa akan membacakan detail dakwaan penerimaan gratifikasi dan TPPU Terdakwa Gazalba Saleh,” ujarnya.

Hakim Agung Gazalba Saleh sebelumnya telah keluar dari Rutan KPK setelah divonis bebas dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Gazalba kemudian ditahan lagi di kasus lain, yakni gratifikasi dan TPPU.

Gazalba diduga menerima gratifikasi Rp 15 miliar sejak 2018 hingga 2022. Hal itu didapatkan dalam menangani sejumlah perkara yang ada.

Gazalba dijerat Pasal 12B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 3 UU Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

(Sumber : Hakim Agung Gazalba Jalani Sidang Perdana Kasus Gratifikasi-TPPU Hari Ini.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *